” BONI ” Si Maskot BlankOn Linux Indonesia

Suatu hari, saya melihat sebuah poster Sayembara Desain Maskot di sebuah grup telegram ( Gimpscape ) dan juga di sosial media Facebook. Dalam poster tersebut disebutkan, BlankOn Linux Indonesia sedang mengadakan sebuah sayembara desain maskot. Saya pun tertarik untuk mencoba untuk ikut serta dalam sayembara tersebut. Apalagi di dalam syarat dan ketentuannya disebutkan bahwa hasil desain harus menggunakan format SVG yang notabene adalah format default Inkscape yang tentunya memudahkan saya untuk mengikuti sayembara itu karena saya pun adalah pengguna software pengolah vektor berbasis opensource tersebut.

Perlu diketahui bahwa BlankOn adalah pelopor distro linux lokal di Indonesia yang sudah cukup dikenal di kalangan pengguna software opensource di Indonesia. Untuk lebih memperkenalkannya ke segala masyarakat khususnya di Indonesia, perlu di buat sebuah maskot untuk mengkampanyekan keberadaan BlankOn.

Saya pun mulai membuat sketsa di beberapa lembar kertas. Di ketentuan sayembara itu disebutkan bahwa desain maskot harus mempunyai ciri khusus / unik dengan unsur ke-Indonesia-an. Pertama kali saya mendengar kata BlankOn, yang terlintas di pikiran saya adalah topi / penutup kepala khas Jawa ( blangkon ). Hal tersebutlah yang mendasari desain maskot yang saya buat yaitu maskot dengan blangkon akan tetapi dengan tampilan lebih modern dan futuristik berupa helm blangkon. Maskot ini saya beri nama BONI yang merupakan singkatan dari BlankON Indonesia. Untuk deskripsinya bisa dibaca di sini

Setelah mengamati banyak desain keren dari beberapa pengirim yang sudah masuk, saya pun memberanikan mengirimkan desain saya ke sebuah Milis BlankOn.

Berikut penampakan Boni dengan beberapa pose :

Boni.png

Beberapa hari setelah waktu untuk mengirim habis, tim Humas BlankOn mengumumkan 10 desain yang masuk ke 10 besar. Tanpa disangka desain saya masuk dalam daftar 10 besar yang dipilih panitia. Alhamdulillah….

Selanjutnya panitia mengadakan penjurian lagi untuk memilih satu desain yang akan dipakai sebagai maskot resmi BlankOn Indonesia.

Selama kurang lebih seminggu, saya rajin mengecek milis BlankOn untuk melihat apakah ada thread dari tim juri mengenai pengumuman pemenang sayembara desain Maskot BlankOn. Tapi belum juga ada kabar dari tim juri. Saya pun hanya pasrah, menang syukur gak menang juga tidak apa apa… Tapi saya berharap semoga menang sih, karna hadiah utama sayembara itu adalah sebuah laptop. Melihat desain – desain keren lain yang masuk 10 besar, sepertinya peluang dipilihnya desain saya sangat kecil.

Tapi sore hari sekitar jam 14.30 WIB ada seseorang yang mengirim pesan ke telegram saya, beliau mengatakan “ Selamat Pak !! “, saya pun awalnya bingung. Kemudian beliau memberikan link ke website BlankOn. Dan Alhamdulillah…desain saya terpilih sebagai maskot resmi BlankOn. Ada perasaan tidak menyangka kalau desain saya terpilih, melihat desain maskot lain juga bagus bagus.

Dengan begitu saya berkesempatan mendapatkan bingkisan dari tim Pengembang BlankOn berupa sebuah Laptop. Dan ternyata ada hadiah tambahan berupa headphone dan sebuah hard disk external.

cameringo_20161130_131455

Kesan :
Merasa bangga dapat ikut berkontribusi dalam memasyarakatkan aplikasi opensource dalam hal ini BlankOn, sebagai pelopor distro linux di Indonesia melalui desain maskot BlankOn

Pesan :
Terus semangat dan pantang menyerah untuk para pengembang BlankOn dan para penggiat opensource. Mari buktikan bahwa software dan OS opensource mampu bersaing dalam kancah nasional maupun internasional.

Sekali lagi, saya ucapkan banyak terima kasih kepada tim pengembang dan donatur atas bingkisan kece nya.